Mengurus Perpanjangan STNK 5 tahunan di Denpasar

Bulan Agustus 2012 , Masa berlaku STNK Supra X 125 habis, harus perpanjang STNK 5 tahunan dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Berikut ini pengalaman saya cara mengurus STNK sendiri.


Pukul 08.00 Datang langsung parkir di area loket tempat gesek nomer mesin dan rangka ranmor cukup ramai juga, saya kira akan sepi karena orag pada mudik. minta stiker diloket, nggak bayar.

Syaratnya. BPKB ASLI, STNK ASLI dan KTP/KIPEM asli Denpasar.

Kalau OK, kita dikasih formulir dan stiker. Nanti akan diisi oleh petugas yang mengesek nomer ranmor kita. setelah itu kita bawa lagi keloket tempat kita minta stiker tadi dengan menyerahkan foto kopi BPKB, Foto kopi STNK, dan foto kopi Identitas (KTP/KIPEM) beserta form isian stiker tadi ( masukkan dalam stopmap/folder ) nanti dapet cap GANTI STNK.
Setelah selesai, bawa motor parkir keluar area gesek ranmor.

Masuk kekantor lalu cari LOKET 1 untuk cari pengesehan, atau loket pendaftaran, biasanya main ping-pong, suruh keloket seberang sana dulu,,, urutannya bisa beda-beda tergantung sikon saat itu. Setelah dapat pengesahan maka kita nanti akan suruh membayar di gedung sebelah UTARA, masuk gedung itu lalu cari LOKET 1 atau pendaftaran. nunggu bentar kalau sepi kita bayar untuk penerbitan STNK & TNKB baru, tahun 2012 biaya 80.000 (STNK R2 50 ribu, TNKB R2 30 ribu) selesai stopmap kita terima lagi, terus bawa lagi kegedung selatan (SAMSAT) tempat tadi pendaftaran pengesahan.
Sbg catatan urutan bisa beda, kadang kita disuruh menunggu dulu , kadang ada yang langsung suruh serahkan langsung ke LOKET1, tergantung sikon.
Setelah oke di loket 1 ini kita nanti dikasih nomer antrian untuk bayar biaya pajak di loket sebelah selatan lagi, tunggu disana sampai dipanggil. Supra 125 X tahun 207 Pajak kendaraan bermotor 163.500 dan SWDKLLJ 35.000 total 198.500.

Setelah bayar bea ini kita kasih bukti pembayaran dan kita menunggu lagi untuk mendapatkan printout lembaran PKB. Setelah dapat bawa lagi ke gedung utara ke loket tempat cetak STNK dekat loket cetak plat TNKB, serahkan lagi stopmap kita tadi. tunggu bentar, keluar deh STNK dan PKB nya, sama dapat tiket biru untuk cetak TNKB, lalu bawa ke loket TNKB bayar 2.000, lalu tunggu plat nomer ranmor kita dicetak. pukul 10.00 plat TNKB sudah ditangan Total 2 jam

That was it ! Jangan malu untuk bertanya kalau baru pertama kali ngurus sendiri!

Comments

Unknown said…
Saya mau nyamsat motor apa masih perlu kipem

Popular posts from this blog

Memperpanjang SIM C di Denpasar Bali